Jumat, 27 Juli 2012

Break, Please.


Saya percaya bahwa di dalam hidup ini, manusia perlu untuk senantiasa berpikiran jernih, menenangkan hati dan pikiran, agar bisa berperilaku dengan baik dan bijak kepada lingkungan.

Meski tak dapat dipungkiri, hidup ini kadang kurang bersahabat. Pekerjaan dan tanggung jawab yang menumpuk, rutinitas yang mencekik, tuntutan dari orang-orang sekitar bahkan yang terdekat, ekspektasi yang tak tercapai, goresan-goresan luka di hati akibat kurangnya penghargaan, dan segenap hal yang membuat emosi menjadi labil.

Manusia yang tengah mengalami kepenatan batin seperti itu, yang diperlukan ialah waktu. Waktu untuk menyendiri, waktu untuk berpikir, waktu untuk menenangkan hati dan pikiran, waktu untuk mengembalikan semangat dan keceriaan, waktu untuk mengisi baterai sepenuhnya. Baru setelah itu, ia bisa menjadi manusia yang kembali menenangkan dan membantu orang-orang di sekelilingnya. Baru bisa memahami, bahwa hal-hal yang terjadi dalam hidup tidak seberat yang dipikir, karena Tuhan memang tak pernah memberi ujian yang terlampau berat bagi hamba-Nya.

Menurut saya, memang ada manusia yang perlu menyendiri. Menarik diri sejenak dari rutinitas hidup, pergi sejenak dari orang-orang terdekat bahkan pasangannya, meluangkan waktu lebih banyak untuk me-time yang lebih berkualitas untuk berpikir dan mendewasakan diri dengan menarik pelajaran dari peristiwa-peristiwa yang telah lalu.

Mungkin saat ini saya sedang mengalami hal seperti itu. Membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk sendiri.

Seperti atlet yang meminta time-out sejenak untuk memulihkan kekuatan,
Sepeti paus yang harus naik ke udara sejenak untuk mengambil nafas,
Seperti pertapa yang ingin bertapa jika ada yang mengganggu pikirannya,
Seperti penyanyi yang perlu istirahat di sela jeda iklan,

Tidak ada yang salah dengan dunia dan semua isinya. Mereka tetap berputar dengan indah dan penuh keajaiban. Namun, butuh saya yang terisi penuh untuk dapat menikmati dan mensyukuri itu semua. Dan sejenak waktu ini saya sedang ingin sendiri. Maaf, Dunia.

Tidak ada komentar: