Selasa, 31 Juli 2012

Rumahku, Istanaku atau Nerakaku?



Rumah. Seharusnya menjadi tempat bernaung utama bagi setiap manusia. Rumah adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan keamanan, kenyamanan, ketenangan, dan kasih sayang dari orang-orang terkasih. Rumah menjadi tempat kita kembali apapun aktivitas dan kemanapun pergi, dan menjadi tempat yang dirindu ketika sedang jauh.

Rumah menjadi tempat dimana setiap orang bebas menjadi diri sendiri, yang kadang aturan atau etika tak lagi dihiraukan. Rumah menjadi sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan tersendiri.

Namun sepertinya tak banyak yang menyadari apalagi mensyukuri nikmatnya rumah. Bisa jadi saya salah satunya. Memang, rumah saya tak terlalu besar, dua lantai, lima kamar tidur, banyak perabotan, dan fasilitasnya lumayan meski tak bisa dibilang mewah. Tapi, di rumah ini saya mendapatkan semuanya. Bahagia, kasih sayang, cinta, keluarga, ilmu dan pengalaman hidup, kesempatan mengembangkan diri. Semuanya.

Di saat saya tahu, tak semua orang yang kita temui memiliki kenyamanan yang sama. Saya sedih saat tahu ada orang-orang, terlebih apabila teman saya, yang tak menemui kebahagiaan di rumahnya, yang merasa tak pernah nyaman saat ada di rumahnya. Selalu ingin keluar. Merasa terpenjara, merasa seperti di neraka, yang tiap hari selalu ada air mata. Dimana umpatan, cacian, tekanan, atau bahkan kekerasan menjadi pandangan sehari-hari. Sedih dan tak tega mengetahuinya, rasanya ingin membagi rumah saya dengan mereka, kalau hal itu mungkin terjadi.

Setiap orang berhak memiliki rumah atau orang-orang yang menjadi “rumah”. Sudah sepatutnya bagi mereka yang memiliki untuk sangat bersyukur untuk nikmat yang sudah didapat, karena tak semua orang memilki rumah senyaman rumah kita.

Remember, you hate your life, while while some people dream of having your life.

1 komentar:

satriodwi mengatakan...

Rumah memang seharusnya menjadi tempat paling nyaman dimanapun, terutama bagia anak rantau pasti sangat menunggu-nunggu waktu dimana bisa pulang ke rumah dan berkumpul sama keluarga..:)